Oke saya cicil tulisan trip Tour de Jawa Timur. Kota yang saya lewati di trip ini lumayan banyak. Empat hari dengan jadwal padat merayap. Mulai aja yuks...
Rabu, 30 Oktober 2013
Saya berangkat dari rumah menuju stasiun Pasar Senen sekitar jam 9 pagi. Perjalanan dengan bus lancar. Sampai terminal Senen jam 11:30 wib. Tadinya saya dan suami mau makan dulu di Mall Atrium Senen. Tapi berhubung waktu kami sampai di terminal Senen, hujan rintik mulai turun kami membatalkan rencana itu khawatir kalo hujan macet. Jadinya kami langsung menyetop bajaj menuju stasiun Senen. Untungnya gak jadi makan di Atrium Senen. Pas naik bajaj hujan langsung deras. Bajaj mengantar kami hingga ke dalam stasiun dengan ongkos 10 ribu rupiah plus tambah ongkos parkir 2 ribu rupiah.
|
Di dalam bajaj |
Begitu tiba di depan lobi stasiun, sudah ramai orang yang menunggu. Banyak yang bawa ransel besar dan carrier gede. Oh ya saya baru tau kalo mau masuk ke dalam stasiun itu harus tau jalur keretanya utara atau selatan. Karena nanti masuk peronnya beda. Matarmaja itu kereta jalur utara jadi masuknya lewat pintu yang tulisannya utara. Thanks to wikipedia saya gak salah jalur. Soalnya banyak orang yg salah jalur udah antri lama disuruh keluar lagi pindah jalur. Matarmaja jalur utara, begitu masuk pintu langsung duduk nunggu di peron. Kalo jalur selatan masuk lewat terowongan bawah tanah muncul di peron depannya.
|
Stasiun Pasar Senen |
|
Mushola dalam stasiun Pasar Senen |
Di dalam stasiun ternyata ada musolah dan toilet yang airnya mengalir. Jadi sholat di musolah dalam stasiun. Selesai sholat duduk nungguin keretanya. Sebelum matarmaja datang ada kereta krakatau menuju madiun. Pas matarmaja mau datang, orang-orang yang bawa ransel besar dan carrier gede pada masuk stasiun dan nunggu matarmaja juga. Alamat penuh deh. Iseng saya tanya satpam/polsuska "Boleh gak pindah tempat duduk kalo keretanya sepi" dijawab "boleh", tanya lagi "boleh gak pindah gerbong?" dijawab "wah kalo pindah gerbong gak boleh". hmmm... gatot deh pindah gerbong. Saya sempat ngintip di
tiket.com kursi di gerbong 6,7 banyak yang kosong. Niatnya mau pindah gerbong kalo boleh. Ternyata ga boleh.
|
Penumpang Matarmaja |
Matarmaja datang on time 15 menit sebelum berangkat, dan berangkatnya juga on time 13:40 wib. Kita naik di gerbong 2. Dapet kursi untuk 3 orang yg untungnya cuma ditempati oleh saya dan suami. Keretanya lumayan bersih dan beneran ada AC-nya, tapi...gak dingin. Mungkin karena gerbongnya penuh dengan penumpang. Mungkin juga karena gerbong yang kita naikin AC-nya sudah rusak, karena kita sempat lewat gerbong lain AC-nya dingin. Terus di tempat duduk kita juga ada satu colokan listrik (yang untungnya berfungsi/nyala), lumayan buat charge hp. Walaupun gerbong keretanya penuh tapi gak ada penumpang yang gak kebagian tempat duduk. Nggak ada juga yang tiduran di lantai kereta. Tapi gak tau ya di gerbong lain :p
|
Dalam keretanya penuh |
|
Colokan listrik dalam kereta |
Dari stasiun Pasar Senen sampai stasiun Pagaden Baru gak ada pedagang asongan naik. Baru di stasiun Pagaden Baru pedagang asongan naik. Tapi cuma sebentar. Mulai banyak pedagang asongan lagi pas sampai stasiun Semarang. Lewat stasiun Semarang pedagang asongan bebas naik, dan ada terus tiap kereta berhenti sampai stasiun Malang.
|
Asongan dalam kereta |
|
Asongan dalam kereta Matarmaja |
Menjelang stasiun Malang kereta melewati dua terowongan. Jadi inget film Daun di Atas Bantal. Mungkin syuting film Daun di Atas Bantal pake kereta yang menuju Malang *sotoy* Sempet perhatiin di daerah Blitar kayaknya kotanya rapih banget. Sayangnya trip ini gak ada rencana ke kota Blitar. Mungkin next time kita ke Blitar ke makam Bung Karno.
Saya baru faham kenapa gak boleh pindah gerbong. Penumpang keretanya gak semua naik di stasiun yang sama. Bisa aja naik di stasiun berikutnya atau kota berikutnya. Jadi kalo misalkan kursi 1a kosong di stasiun Senen, bisa saja penumpang kursi itu naik di stasiun berikutnya atau stasiun kota lainnya. Soalnya kejadian di kursi depan saya, pas sampe stasiun Cirebon ada penumpang naik, terus bingung karena kursinya ada yang nempatin. Pas dicek kenapa nomor kursinya bisa dobel ternyata yang udah duduk dari stasiun Senen salah gerbong. Yang salah duduk harus pindah deh. Adalagi yang lucu, ada penumpang naik pas duduk bingung soalnya nomor kursinya dobel juga, pas dicek salah satu penumpang itu naik kereta tanggalnya ternyata kecepetan sebulan! harusnya penumpang yang satu naik matarmaja bulan depan wakakkak... Oh ya ada beberapa gerbong matarmaja yang di isi oleh rombongan keluarga ibu-ibu yang mau besanan ke kota Malang. Gerbong yang penuh ibu-ibu itu rame banget. Kalo ketawa sampe kedengaran ke gerbong sebelahnya :). Biasalah ibu-ibu kalo sudah ngumpul rame hehhehe.
|
Stasiun Malang |
|
Dalam stasiun Malang |
Matarmaja sampai di stasiun Malang Kota Baru, Kamis, 31 Oktober 2013, jam 7:10 wib. Kecepetan 15 menit. Hebat!. Lebih baik kecepetan daripada telat. Sampai stasiun Malang Kota Baru langsung cari toilet. Untung selama di kereta saya gak pengen ke kamar mandi. Stasiun Malang Kota Baru ternyata kecil, dan di dalem stasiun gak banyak kursi buat duduk. Habis dari toilet langsung keluar stasiun.
|
Stasiun Malang dari luar |
|
Stasiun Malang |
hmm.. itu "terowongan iJo" di daerah kebumen (Jalur selatan) yg di film daun di atas bantal, *iseng barusan googling* XD
BalasHapus